Tuesday 25 February 2014

Hello World

"Hello World" ahahah sebagai orang yang mengenal IT pasti kamu tau kalimat itu kan? Yup itu kalimat awal pembukaan menuju dunia IT. Tiap belajar pemrograman (bahasa apapun itu) pertama kali pasti kamu disuruh gini, "Tampilkan kalimat Hello world ke monitor". Atau kurang lebih maksudnya gitu lah. Kecuali guru/dosen kamu penganut aliran anti-mainstream 

Nah dengan kalimat itu juga saya membuka blog IT ini. Horeeeee!!    
HELLO WORLD


Sebagaimana kamu ketahui, komputer bisa melakukan 3 operasi dasar, yaitu input, process, ama output (inget aja IPO). Bahasa Indonesianya masukkan, memproses, ama keluarkan. Jadi tuh ceritanya pertama buat input dulu. Pengguna komputer... eh tunggu, saya pake kata user aja deh biar lebih enak dan akrab

Jadi user masukin input. Aktivitas apapun bisa terbilang input loh! Misalnya pas maen game RPG, kamu klik posisi mana gitu supaya karaktermu bergerak. Itu udah termasuk input. Terus pas kamu ketik surat di Microsoft Word, itu juga termasuk input. Atau ketik chattingan, itu juga termasuk input. Kalo di pemrograman yang lebih ruwet contohnya itu kaya percabangan menu switch case, inputnya itu pilihannya. Singkatnya, input itu daftar sumber data yang diperlukan buat memecahkan masalah. Entah itu masalah menggerakkan karakter, masalah membuat surat, dan lain-lain (saya males ngasih contoh lagi ).

Nah abis kamu masukin tuh input, terus processor di komputer memproses inputmu itu buat nanti dikeluarin ke monitor atau diprint. Ini action yang paling penting karena melibatkan kodingan2. Di sinilah tugas programmer. Bikin kode yang tebel supaya bisa menampilkan hasil input tadi. Saking tebelnya kodingan itu bisa ampe 1k (baca: 1000) lebih loh! Makanya sering dibilang programmer have no life karena kerjaannya yaa koding mulu siang-malem. Kalo kamu cita2 jadi programmer yaa siap2 aja buat digaji kecil, kaga punya kehidupan, berteman ama komputer, dan jadi hikkikomori alias pengurung diri di kamar

Ok, terus operasi dasar komputer yang terakhir adalah output alias pengeluaran. Komputer bisa ngeluarin output loh, sama halnya seperti badanmu yang tiap pagi ngeluarin output di WC
Tapi bedanya output si komputer itu berbentuk tulisan (diprint) atau display ke monitor. Jadi outputnya itu karaktermu bergerak ke arah yang kamu klik, atau surat dicetak ke kertas. Kalo kamu jadi programmer di suatu perusahaan, output adalah hal terpenting yang pertama kali harus ditanyain ke client. Biasanya sih yang nanyain itu manager. Kalo programmer mah cuma tukang yang bikin doang.

Mau lanjut? Sok ae lah biar pinter

Jadi sekarang kita move on ke kodingannya. Buat bikin output berupa display ke layar.... eh tunggu pertama2 biar kamu bisa langsung praktekin, kamu harus install visual studio ama netbeans dulu karena yang saya bahas di sini pake syntax yang ada di program tersebut (saya punyanya cuma itu )
Di visual studio, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah.... eng ing eng..............
Kelamaan woy!!!
Spoiler for Cara mengoperasikan Visual Studio Express 2010:
1. Klik Start, kemudian All programs. Cari folder Microsoft Visual Studio Express 2010 Express. Kemudian pilih Microsoft Visual C++ 2010 Express. Atau kalo kamu mau cara cepetnya: pencet+tahan logo windows di keyboard bagian kiri bawah (sampingnya alt) terus pencet R. Ketik vcexpress dan kemudian tekan enter.

2. Klik New Project
Spoiler for Screenshot:


3. Pilih Win32 Console Application (kita maennya dunia item-putih DOS dulu)
Masukin nama projectnya, misalnya saya pake "Tes" buat nama projectnya. Klik OK
Spoiler for Screenshot:


4. Klik next. Terus di bagian Application type pilih Console application, di bagian Additional options pilih Empty project. Kalo udah klik Finish
Spoiler for Screenshot:


5. Klik kanan di bagian Source Files di menu sebelah kiri. Terus pilih Add, dan New Item.... Atau biar cepetnya pencet Ctrl+Shift+A
Spoiler for Screenshot:


6. Pilih pilihan C++ File (.cpp). Masukin nama filenya, misalnya saya pake nama "tes" buat nama filenya. Klik add.
Spoiler for Screenshot:


Selesai

Ok, jadi pertama ketik headernya dulu. Apa itu "header"? Header adalah... kelapa, eh, kepala program. Kepala program berisi kumpulan fungsi syntax yang udah dijadiin template dan diterjemahin ke bahasa komputer. Jadi syntax itu tinggal siap pake aja. Di bahasa C ama C++ visual studio ada banyak header. Bisa juga dibuat sendiri headernya. Tapi... "ain't nobody got time for that?" iye gak?


Pertama saya mau bahas input/output buat bahasa C dulu.
Spoiler for Beberapa jenis C standard library headers:




















  • stdio.h : berfungsi untuk header standard input/output. Setiap mau bikin input/output di C harus pake header ini.
  • stdlib.h : berfungsi untuk mengkonversi dari angka ke teks dan sebaliknya, membuat memory allocation, angka acak, dll.
  • string.h : berfungsi untuk segala kegiatan yang berhubungan ama string teks.
  • math.h : berfungsi untuk operasi matematika.
  • time.h : berfungsi untuk segala sesuatu yang berhubungan ama jam dan tanggal.
  • ctype.h : berfungsi untuk mengkonversi karakter. Misalnya dari huruf kapital ke huruf kecil dsb.
  • stddef.h : digunakan oleh definisi umum di C untuk melakukan kalkulasi.
  • conio.h : sebenernya sih ini bukan standard libraray C, tapi sering juga kepake. Fungsinya untuk input/output juga tapi pake syntax khusus. Misalnya getch ama clrscr baca selengkapnya
  • dan masih banyak yg lainnya.. silahkan mencari sendiri
    sumber

    Misal, pertama kita mau buat program yang nampilin tulisan "Hello world" nih. Pertama buat project dan file .cpp seperti yang udah saya terangkan di atas. Masukkan header untuk input/output, yaitu stdio.h. Ingat, ini case senesitive jadi harus huruf kecil semua dan jangan  sampe ketuker sama studio.h nanti ga bisa jalan.. Setiap pengetikan header harus diawali dengan #include dan nama header dimasukin ke kurung siku setelahnya. Jadi nulisnya #include<nama_header>. Di kasus ini kita buat headernya menjadi #include <stdio.h>. Kalo kamu ketiknya bener, nanti <stdio.h> berubah warna jadi warna merah
    Spoiler for Screenshot:

    Kalo udah, kita buat scope utama program yaitu void main(){}. Definisi scope utama juga case sensitive, jadi harus huruf kecil semua.
    Nah, sekarang kamu udah buat header ama scope utama program. Selanjutnya kamu masukin syntax ke dalem tanda kurung kurawal. Karena kita mau mencetak string alias tulisan, kita pakai syntax printf("hal yang mau ditulis"); tapi ga usah ditebelin tulisannya. Jadi kita ketik printf("Hello world"); jangan lupa tanda titik koma dibelakang tanda kurung. Wajib tuh! Tanpa begituan program kaga bisa jalan!
    Jadi, untuk membuat program yang menampilkan tulisan "Hello world", ketik sebagai berikut:
    Spoiler for Kodingannya:
    #include <stdio.h>

    void main(){
    printf("Hello world");
    }
    Spoiler for Screenshot:

    Jalankan program dengan pencet ctrl+F5. Kalo ada muncul kotak dialog klik yes aja
    Spoiler for Screenshot hasil jadi:

    Horee kamu udah berhasil membuat program Hello world pertamamu!! Selamat yah!!!
    Kamu tadi udah berhasil bikin program output, sekarang ayo kita buat input!

    Untuk membuat input, ada 4 cara yang bisa kamu pakai, yaitu:
    1. syntax scanf("%tipe_data", &nama_variabel); fflush(stdin);
    2. syntax scanf("%[\n]s", nama_variabel); fflush(stdin);
    3. syntax getchar();
    4. syntax gets(nama_variabel);
    Untuk penggunaan syntax scanf("%tipe_data", &nama_variabel); kamu harus tambahin fflush(stdin); dibelakangnya. Wajib! Kalo ga ditambahin, programmu akan jadi error. Selain itu, kamu perlu pakai tanda & untuk mengoper nilai inputan ke parameter yang udah dibuat. Saya akan jelasin lebih jauh lagi nanti tentang pengoperan parameter.
    Untuk penggunaan syntax scanf("%[^\n]s", nama_variabel); ga terlalu wajib memakai fflush(stdin); dibelakangnya karena itu khusus untuk menginput string, dan biasanya untuk menginput string atau kalimat panjang yang mengandung spasi. Jadi itu maksudnya dia akan men-scanning inputanmu sampai ditemukan inputan enter (\n menandakan enter alias ganti baris).
    Untuk syntax getchar(); sih sebenernya jarang dipake. Orang lebih umum memakai syntax gets(nama_variabel); karena fungsinya sama aja, yaitu untuk menerima inputan kalimat yang isinya huruf ataupun angka. Tapi syntax gets(nama_variabel); lebih ampuh dan jarang menimbulkan error di program. Akhirnya syntax getchar(); cuma dipake sebagai penahan program biar ga langsung ke close waktu dijalanin dengan memakai F5 ataupun saat program yang udah dibuat dijalanin klik 2 kali.
    Oke selesai pelajaran pertamamu membuat program Hello world


    Selanjutnya saya mau bahas input/output buat bahasa C++
    Spoiler for Beberapa jenis C++ standard library headers:















  • iostream : berfungsi untuk header standard input/output dalam C++. Kamu ga bisa pake header stdio.h di C++ karena syntaxnya beda.
  • istream : berfungsi untuk header standard input dalam C++. Sama aja sih kaya iostream, cuma ini khusus untuk input aja. Jadi mendingan pake iostream langsung ama outputnya sekalian.
  • ostream : berfungsi untuk header standard output dalam C++. Sama aja sih kaya iostream, cuma ini khusus untuk output aja. Jadi mendingan pake iostream biar langsung ama inputnya sekalian.
  • string : berfungsi untuk memanipulasi string.
  • time.h : berfungsi untuk segala sesuatu yang berhubungan ama jam dan tanggal.
  • dan masih banyak yg lainnya.. kalo mau tau lebih banyak lagi kunjungi website ini

    Rata2 untuk C dan C++ syntax dan caranya hampir sama. Cuma beda tipiiiissss banget seuprit buat pemrograman di C++.
    Nah, kalo kamu mau buat program untuk menampilkan Hello world, maka seperti tadi, hal yang pertama harus kamu lakukan yaitu membuat headernya. Caranya sama seperti di bahasa C, tapi di C++ pembuatan header ga perlu pake embel2 .h dibelakangnya. Di kasus ini, karena kita mau buat program input/output maka kita buat headernya menjadi #include<iostream>.
    Spoiler for Screenshot:
    Di C++ syntax yang dipakai untuk input adalah std:: cout<<"kalimatmu"<<endl; Bagian std:: harus dipake dan sepaket dengan cout. Setiap baris??? Iya dong!
    Kalo kamu ga mau repot ngetik std:: di tiap baris, kamu bisa nambahin using namespace std; setelah header.
    Okeh langsung aja kita koding!! Ngoeeeengggg!!!!
    Spoiler for Kodingannya:
    #include <iostream>

    using namespace std;{


    void main(){
    cout<<"Hello world"<<endl;
    }
    Spoiler for Screenshot:
    Loh ko ada cin.get();? Opo pulak itu???
    cin.get(); adalah syntax yang fungsinya sama seperti getchar(); di C. Penulisan aslinya adalah std:: cin.get(); tapi karena di paling awal kita udah pake using namespace std; jadi untuk seterusnya sampe bawah kita ga perlu pake std:: lagi
    Jalankan programnya, maka hasilnya akan terlihat seperti ini:
    Spoiler for Screenshot hasil jadi:

    Untuk input di C++ ga usah ribet2. Cukup pake syntax std:: cin>>nama_variabel; atau kalo kamu udah pake using namespace std; kamu tinggal tulis cin>>nama_variabel;

    Nah selesai deh!! Horee!! Selamat! Sekarang kamu adalah programmer Hello world

    Untuk sekarang segini aja dulu ya. Saya capek ngetik+editnya  (butuh seminggu lebih loh buat nyelesain postingan ini!)
    O iya sebelum kelupaan, kalo kamu mau liat program hasil jadinya yang udah bisa di klik 2 kali seperti program biasa, itu lokasinya secara default ada di windows explorer, direktori Libraries>Documents>Visual Studio 2010>Projects>Folder dengan nama project kamu tadi. Kalo saya kan nama projectnya "Tes", maka ada di folder Tes, di sub folder debug.
    Spoiler for Screenshot:

    Kalo ada pertanyaan silahkan aja tulis di kotak komentar di bawah, Ok?

    No comments:

    Post a Comment