Monday 10 March 2014

Mozilla

Ini tentang mozilla aja. Saya bingung juga mau bilang apa buat kata pembuka... Langsung aja deh, selamat menikmati~

Mozilla



CHIP.co.id -  Untuk menunjukkan jalan ke masa depan, Eric S. Raymond menggunakan gambar dari abad pertengahan dalam tulisannya yang berjudul "The Cathedral and the Bazaar".  Pada tahun 1997 itu, ia berusaha menjelaskan pengertian open source dengan makna dari kedua istilah tersebut. Intinya, Raymond ingin menjelaskan dua model pengembangan sebuah software. Pertama, source code hanya boleh diakses setelah versi barunya sudah muncul di pasaran (The Cathedral). 

Kedua, source code juga dapat diakses selama pengembangan berlangsung (The Bazaar, disebut juga Open Source).

Awal tahun 90-an, untuk pertama kalinya konten di Internet dapat diakses melalui browser. Aplikasibrowser pertama dikembangkan oleh Tim Berners Lee (Bapak Internet) dengan sebutan World Wide Web (WWW). Sayangnya, aplikasi tersebut belum dapat menampilkan gambar. Hal ini yang memacu Marc Andreessen dan Eric Bina dari Universitas Illinois untuk merancang aplikasi browser yang diberi nama NSCA Mosaic.

Membangunkan raksasa tidur

Makna sebuah browser saat itu belum dapat diprediksi. Aplikasi tersebut memang menjadi pintu gerbang menuju dunia maya yang kini semakin berkembang. Awalnya, kondisi ini hanya disadari oleh segelintir orang, termasuk Marc Andreessen. Sejak ia keluar dari Mosaic lalu bekerjasama dengan Jim Clark (pendiri Silicon Graphics), keduanya memulai me­ngem­bangkan Netscape (1994). Melalui aplikasi yang diberi nama Netscape Navigator, mereka mampu memonopoli Internet. Pada tahun 1995, kondisi tersebut memacu Microsoft untuk bangun dari tidur yang akhirnya berhasil mengembangkan Internet Explorer (IE).



Sejarah mencatat terjadi perang antara Netscape (Navigator) dengan Microsoft (IE) untuk merebutmarket share yang akhirnya dikenal dengan "Perang Browser". Setelah masuk milenium baru, IE memegang market share lebih dari 90%. Hal ini bisa terjadi berkat integrasinya dengan sistem operasi Windows yang akhirnya membawa Microsoft ke pengadilan di Amerika Serikat dan Eropa.

Namun, sejak tahun 1998 Netscape berhasil mengembangkan Mozilla Application Suite yang terdiri atas kompilasi Open Source. Rupanya, perusahaan ini terinspirasi juga oleh tulisan Raymond. Ke depannya, Mozilla harus menjadi pionir dari open sourcesource code yang dapat diakses siapa saja yang ingin­ berbagi pengetahuan.

Perang berikutnya di ponsel

Awalnya, AOL berambisi untuk mengembangkan proyek ini. Mereka kemudian mengambil alih Netscape pada tahun 1999. Pada tahun 2003, tanggung jawab ini diserahkan ke Mozilla Foundation. Organisasi non-profit ini adalah komunitas global dari orang-orang yang percaya bahwa keterbukaan dan inovasi menjadi kunci sukses dalam perkembangan Internet yang sehat.



Pada tanggal 9 November 2004, Mozilla meluncurkan Firefox 1.0. Setelah itu, para penggemar Firefox berlomba-lomba untuk memberikan donasi sehingga iklannya muncul dalam dua halaman di New York Times. Setahun kemudian, Firefox berhasil mencatat angka download 100 juta kali. Pada tahun 2009, angka download-nya sudah mencapai satu miliar. Ketika itu, Firefox meluncurkan versi terbarunya setiap enam minggu. Namun, tidak banyak pengguna yang tahu bahwa di balik Firefox tersimpan kernel software yang disebut Gecko. Kernel ini juga dipakai untuk proyek lainnya.

Proyek ini awalnya diragukan, termasuk oleh Andreessen yang telah keluar dari Netscape pada akhir tahun 90-an. "Saat itu, saya hanya berpikir untuk mengalahkan Microsoft sekali saja", katanya dalam sebuah interview pada tahun 2002. Ternyata ia keliru. Saat itu, pasar browser memang sulit diukur. Namun, kini dominasi IE sudah tergeser. Hal ini juga berkat kehadiran browser lainnya, seperti Opera (yang muncul sebelum Firefox)  dan Google Chrome. Menurut StatCounter hingga Januari 2013, pengguna Firefox di Indonesia telah mencapai 61,69% dari total pengguna Internet tanah air. Di tempat kedua adalah Google Chrome sebesar 28,7%.



Saat ini, Internet sudah berubah. Persoalannya, bagaimana kita melihat dunia yang saling terhubung ini tidak hanya bertumpu pada browser, melainkan juga pada smartphone dan tablet? Untuk 2013, Mozilla telah mengumumkan sistem operasi Firefox untuk smartphone. Kini, Mozilla harus bertahan melawan perusahaan besar seperti Apple dan Google. Ada baiknya, kita menunggu keberhasilan Mozilla untuk menunjukkan hasil kerja kerasnya.

sumber

No comments:

Post a Comment