Sunday 9 March 2014

Sistem Multimedia: Konsep Dasar, Skill, dan Aplikasi

Halo semuanyah!! Berhubung sekarang hari minggu, jadi saya mau posting pelajaran lagi nih (etdah tutorial pemrograman yang kemaren aja belom kelar ). Maklum, laptop baru sembuh dari tukang service. Jadi baru bisa bebas lagi internetan. Nanti tak lanjutin deh itu tutorialnya..
Gara2 PLN suka mati-nyala mati-nyala listrik, IC Power laptop saya jadi rusak. Bukannya ga bersyukur, tapi mbok ya kalo mau mati-nyala listrik gitu kasih pengumuman dulu kek biar bisa ada persiapan. Giliran udah rusak emangnya dia mau ganti? KAGA kan?

Ok, cukup curhatnya. Balik ke materi. Jadi kan sekarang laptop saya udah dalam kendali penuh saya nih, maka setiap hari minggu saya mau posting pelajaran multimedia. Hari ini adalah pembukaan perdananya!! Horeeee!!!


Nah, pertama-tama saya mau ngenalin dulu nih ke kamu. Apa sih multimedia itu? Kalo ditelaah secara sejarah bin harfiah, multimedia berasal dari bahasa latin, yaitu multi dan media. Artinya apa? Cari sendiri!!  Hehe, ga deng boong. Berhubung saya baik hati gemar menabung dan tidak sombong, maka saya akan ngasih tau ke kamu apa artinya.



Kamu pasti udah sering denger kata multi kan? Yup bener banget! Emang apa? Iya itu tuh!! (Kelamaan woy kuota gue jadi abis nih cuma buat ngeload tulisan kaga penting!! ). Jadi kata multi artinya banyak. Ko artinya banyak?? Ya emang itu artinya. Bukan maksudnya "mempunyai banyak pengartian" tapi artinya emang "banyak". Masih bingung juga? Yaudah sederhananya kata multi berarti berlipat2 atau berganda dsb. Ya pokoknya maksudnya itu. Masih ga ngerti juga? Cari di kamus gih!!

Selanjutnya, kata media mempunyai arti sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu (yo dawg ala X-Zhibit ). Tapi pengartiannya ga cuma berhenti sebatas itu loh! Bisa juga artinya benda untuk menyimpan/mengantar, dan lain sebagainya. Silahkan cari sendiri.  (Lagian arti begini juga ga penting banget sih. Toh ga akan keluar di ujian pertanyaan macem beginian. ). Jadi kesimpulannya multimedia adalah sarana untuk menyampaikan berbagai informasi dalam berbagai bentuk, seperti teks, video, gambar, animasi, dan suara yang saling berhubungan dan bisa diedit secara digital. Kalo diringkas lagi, multimedia adalah campuran dari 3 elemen, yaitu air, tanah, api, dan udara teks, gambar, dan suara. Saya ga mau ngejelasin pengertian berdasarkan ahli apaan. Karena lebih enak dipahamin sendiri, iye gak? Bodo amat dah si ahi itu mau ngartiinnya macem gimana.

Nah, ada lagi yang namanya multimedia interaktif. Ha? apaan tuh?

Multimedia interaktif adalah multimedia yang mengijinkan penggunanya buat mengendalikan dan berinteraksi dengan 5 elemen tadi. Contohnya game. Kan kamu sebagai penggunanya bisa ngatur jalannya karaktermu ke  mana, terus seberapa keras suara musiknya, gimana gambar grafiknya, dsb. Kalo yang ga bisa diatur ya bukan multimedia interaktif, misalnya video iklan di tv. Waktu kamu liat itu, gambarnya ga bisa kamu ganti2 kan? Nah, video iklan bukan termasuk jenis multimedia interaktif.
Dengan begitu konsep multimedia udah selesai saya jelasin. Loh, cuma gitu aja konsepnya? Lah iya emang cuma gitu aja

Terus.. apa lagi yah? Jadi lupa kan! Bentar tak inget2 dulu... Hmmm....... O iya!
Terus penerapan alias aplikasi dari multimedia apa aja sih? Penerapannya sih banyak. Nih tak kasih kategorinya, tapi 3 contoh aja yak (saya males mikirnya ):
  • Untuk hiburan: video, musik, game console
  • Untuk pembelajaran/ngampus: slide dosen yang tebel, e-learning, forum diskusi
  • Untuk keperluan kantor: video conference (buat meeting), ngiklan, simulasi pekerjaan (bisa simulasi latihan penerbangan buat pilot atau simulasi perang)
Sebenernya sih masih buanyaaaaaak lagi penerapan multimedia di kehidupan sehari-hari. Tapi kamu googling sendiri aja yah biar pinter. 

Selanjutnya tentang skill multimedia. Kalo kita bicara soal sikil skill pasti bicara tentang orang2 hebat, iye gak? Nah orang2 hebat itu yang kaya gimana sih? Orang2 yang dimaksud di sini mempunyai keahlian di bidang ini nih:
  1. Desain konseptual : Salah satunya adalah mampu memvisualisasikan gambaran besar . Seorang desainer konseptual bertanggung jawab untuk menyediakan rencana keseluruhan permainan , situs web , atau proyek multimedia.
  2. Desain grafis : Perancang mampu menerapkan konsep-konsep dasar dan praktek yang terlibat dalam desain grafis solusi untuk masalah visual.
  3. Grafik Komputer : Kebanyakan posisi saat ini memerlukan satu dapat artisitcally menggunakan aplikasi software seperti Photoshop , Illustrator , Flash.
  4. Desain audio, merekam dan mengedit : The visual yang hanya setengah dari produk dan mampu secara efektif merekam dan mengedit file suara dan trek suara untuk produksi media adalah kunci untuk menjadi produser multimedia.
  5. Rekaman video dan editing : Multimedia berarti menggunakan grafis gerak dan rekaman video . Hal ini membutuhkan keahlian dalam menggunakan program seperti Final Cut Pro , Premier , dan Avid
  6. Menulis/Writing : Kata selalu bersama kita dan mampu secara efektif menulis skrip , menyampaikan ide-ide , dan menyampaikan informasi dengan cara yang jelas dan logis adalah keterampilan penting.
  7. Interaktif media dan desain antarmuka : Kebanyakan multimedia membutuhkan partisipasi pengguna. Desainer perlu tahu bagaimana program berinteraksi melalui antarmuka yang dirancang dengan hati-hati.
  8. Desain halaman web dan editing :  Seorang produser multimedia perlu tahu bagaimana menggunakan aplikasi seperti menggunakan Dreamweaver dan Front Page untuk merancang web materi situs. Karena sekarang ini web telah menjadi media standar untuk tujuan pendidikan dan bisnis .
  9. Pemrograman : Ada kalanya masalah desain membutuhkan pemahaman tentang bagaimana memprogram sebuah solusi . Tingkat rudimentry keterampilan membantu dalam banyak situasi.
  10. Desain instruksional : Banyak situs web dan produk multimedia yang dirancang yang membutuhkan pemahaman tentang bagaimana orang belajar dari materi yang terorganisir dengan baik. Produsen bahan pendidikan harus memiliki beberapa tingkat keahlian dalam bidang desain instruksional dan teknologi
  11. Desain database dan pemeliharaan : Seorang desainer web harus bisa menjawab dan dapat menerapkan pertanyaan seperti Bagaimana cara kerja keranjang belanja ? Karena banyak situs membutuhkan desain database dan pemeliharaan pengetahuan dan keterampilan .
  12. Manajemen proyek : Setiap orang perlu tahu bagaimana mengelola sebuah proyek . Jika Anda seorang pemimpin desainer, manajemen dan pengetahuan serta keterampilan organisasi menjadi penting untuk penyelesaian yang sukses dari proyek tepat waktu.
Selain itu, kalo kita bicara soal proyek multimedia, so pasti berhubungan ama tim. Kalo mau dibikin sendiri bisa aja sih, tapi ya mabok aja lah! Apalagi ada deadline dari client. Tim untuk proyek itu terdiri dari orang2 yang bertugas sebagai:
  • Executive Producer
  • Producer/Project Manager
  • Creative Director/Multimedia Designer
  • Art Director/Visual Designer
  • Artist
  • Interface Designer
  • Game Designer
  • Subject Matter Expert
  • Instructional Designer/Training Specialist
  • Scriptwriter
  • Animator (2-D/3-D)
  • Sound Producer
  • Music Composer
  • Video Producer
  • Multimedia Programmer
  • HTML Coder
  • Lawyer/Media Acquisition
  • Marketing Director
Banyak kan? Itu semua orangnya udah para ahli dan mastah loh! Makanya jangan asal menghina hasil film buatan orang! Membuat multimedia itu artinya bekerja sebagai tim dan memakai team work.

Yak, selesai! Horee!!!
Karena udah malem dan saya juga udah ngantuk, jadi saya sudahi dulu pembahasannya. Sampai jumpa minggu depan! Dadaaahh~!!

Sumber
Special thanks to textbook Multimedia Making It Work chapter 1 and chapter 8

No comments:

Post a Comment