Monday 26 May 2014

Multimedia Applications

Multimedia diterapkan dalam hal sebagai berikut:

1. Information Kiosk


Information kiosk adalah sebuah aplikasi berbasis sistem multimedia yang menampilkan informasi mengenai tempat2 sekitar dari information kiosk, misalkan information kiosk dibuat untuk binus maka information kiosk akan menampilkan semu informasi tentang kegiatan perkuliahan yang dibutuhkan baik untuk dosen maupun mahasiswa melalui binusmaya.
Information Kiosk memiliki ciri sebagai berikut :
  • Sistem information kiosk berbasis komputer
  • Disediakan dan digunakan untuk menampilkan informasi dan layanan informasi
  • Berada pada tempat tempat umum seperti : mal, tempat rekreasi (dufan,waterboom dll), atau universitas

2. CAI (Computer Assisted Instruction)


CAI (Computer Assisted Instruction) adalah suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikroposesor yang pelajarannya dirancang dan diprogram ke dalam sistem tersebut. Dalam mode ini,  komputer  bisa  menampilkan  pembelajar an,  menggunakan berbagai  jenis  media (teks, gambar, suara,  video),  menyediakan aktivitas dan suasana pembelajaran, kuis atau dengan menyediakan interaksi dari siswa, mengevaluasi jawaban  siswa, menyediakan umpan balik dan menentukan aktivitas tindak lanjut yang sesuai sehingga siswa dapat berinteraksi secara aktif.

Menurut Alessi (1985: 120) bahwa program CAI yang baik haruslah meliputi empat aktivitas:
  1. Informasi (materi pelajaran) harus diberikan atau ketrampilan (skill) diberikan model
  2. Siswa harus diarahkan
  3. Siswa diberi latihan-latihan
  4. Pencapaian belajar siswa harus dinilai.
Beberapa aspek yang perlu ada dalam program CAI adalah:
  1. Umpan balik yang segera (Chanond, 1988: 15)
  2. Interaksi antara siswa dan program (Gagne, 1981: 17)
  3. Pendahuluan dan tujuan yang jelas (Kozma, 1982: 261)
  4. Contoh dan demonstrasi (Emmer & Sanford, 1981: 50)

Keuntungan Menggunakan CAI :
  • Training time yang tidak memakan waktu /(Save Training Time)
  • Menuntut kualitas design yang baik (Enforces quality design)
  • Menyediakan kurikulum yang ada (provides standard curicullum)
  • Mudah dimodifikasi dan diupdate (Easily modified and updated)


3. Gaming Platform


Merupakan aplikasi multimedia yang bertujuan untuk sebagai media hiburan dan game adalah permainan yang membuat orang bermain sebuah permainan dengan tampilan hampir seperti aslinya. Contohnya adalah fifa 14 / game bola dengan interface seperti permainan bola sebenarnya sama halnya dengan yang dilakukan manusia dan di game game ini memiliki unsur multimedia yang sangat kental dan kuat.
Game terbagi dari berbagai gaming platform antara lain :
  • PC : game yang dijalankan di personal computer / laptop
  • Console : game yang dijalankan di console seperti ps3,ps4,xbox360 ,nintendo ds dan lainnya
  • Arcade : game yang dijalankan di mesin arcade (sering kita temui seperti di timezone seperti game tekken)
  • Internet : game yang berbasiskan web dan dapat diunduh lewat dunia maya / internet
  • Mobile : game game yang dijalankan dibawah perangakat mobile seperti android,ios dan windows phone


4. Augmented Reality


Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia Realitas Tambahan dan dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (Augmented Reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda2 maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tambahan sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Benda2 maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tambahan sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

Realitas tambahan dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang2 seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tambahan juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.

Teknologi Augmented Reality sangat cepat sekali berkembang, di Indonesia sendiri telah banyak aplikasi2 yang menggunakan teknologi AR. AR merupakan terobosan  dibidang teknologi yang sangat canggih. Karena dengan teknologi ini kita dapat membuat segala hal yang abstrack atau virtual bisa kelihatan nyata atau real.

Teknologi AR sendiri telah dikembangkan dalam berbagai hal, dalam pemanfaatanya teknologi  ini dapat digunakan dalam hal:

  • Augmented Reality Interactive Games
  • Augmented Reality Presentation
  • Augmented Reality Event
  • Augmented Reality High Tech Environment
  • Augmented Reality Website
  • Augmented Reality Promotion
Sumber: dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment